Pendidikan Dan Pengelolaan SDM Pada Organisasi High-Tech Di Cina

20 Mei 2013



Pada tahun 2001, Cina secara resmi menandatangani sebuah persetujuan WTO mengenai penanaman modal oleh perusahaan asing pada masa yang akan datang. Namun, Cina mengalami suatu masalah yaitu kurangnya tenaga kerja yang terlatih dan berpendidikan yang mampu bekerja di pasar lokal dan di perusahaan – perusahaan asing yang beroperasi di Cina.
Pada tahun 1950an, pemerintah komunis memulai sebuah kampanye pendidikan dengan tujuan mengurangi tingkat buta huruf di Cina dan menyediakan perkembangan pendidikan. Usaha ini berjalan dengan lancar, yaitu dengan bertambahnya universitas – universitas beserta melonjakknya  pendaftar universitas. 
Hal ini membuat para tenaga kerja Cina dapat dengan mudah mengikuti seleksi dan rekruitmen tenaga kerja yang di lakukan oleh perusahaan asing di Cina. Dengan berbekal pendidikan tinggi, kemampuan berbahasa, berpikir kreatif, inisiatif , kritis, dan memiliki keterampilan teknis, para tenaga kerja Cina di harapkan mampu bekerja di perusahaan – perusahaan asing. Oleh karena itu, hingga saat ini pendidikan masih menjadi prioritas utama untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Cina dalam penempatan tenaga kerja di perusahaan asing.
Melalui pendidikan pula, Cina diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang mampu bekerja pada pasar lokal dan perusahaan asing. Dengan adanya pendidikan dan berbagai institusi pendidikan, tenaga kerja atau SDM Cina diharapkan dapat lulus rekruitmen dan seleksi tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan asing. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa rekruitmen dan penyeleksian tenaga kerja oleh perusahaan asing di Cina sangat berkaitan dengan pendidikan yang dimiliki para calon tenaga kerja. 
Dengan kata lain, sumber daya manusia (pendidikan tinggi, kemampuan berbahasa, berpikir kreatif, inisiatif , kritis, dan memiliki keterampilan teknis) merupakan prioritas utama dalam memperkerjakan tenagakerja Cina dalam perusahaan – perusahaan asing.  
Sumber: Journal Serena Rivai


Info / LowKer Serupa:

0 komentar:

Posting Komentar