Persyaratan Umum Dalam Melamar Kerja

23 April 2013

Beberapa persyaratan-persyaratan yang harus dipersiapkan untuk melamar kerja umumnya terdiri dari:


Foto copy Ijazah Terakhir, adalah surat hasil studi terakhir yang anda miliki setelah menyelesaikan studi. Ijazah biasanya terdiri dari informasi diri anda, dan pernyataan anda telah lulus menempuh studi tersebut. Ijazah yang diperlukan perusahaan dalam proses melamar kerja adalah jenis ijazah yang telah difotokopi. Cap legalisir dapat menguatkan originalitas ijasah fotokopi. Tidak sedikit perusahaan yang meminta ijazah asli setelah anda diterima, maka pertimbangkan kemampuan serta waktu dalam bekerja dengan perusahaan tersebut. Apabila anda merasa lebih yakin dan nyaman dengan perusahaan maka permasalahan penahanan ijazah oleh perusahaan tidak mempengaruhi anda dalam bekerja.
Foto copy Transkrip Nilai, adalah surat hasil studi yang anda miliki terdiri dari beberapa mata kuliah/mata pelajaran yang telah diikuti selama studi dilengkapi dengan nilai yang diperoleh. Biasanya menghasilkan rangkuman nilai (IPK bagi yang kuliah dan Nilai UN bagi SMA). Jangan minder dengan nilai yang anda peroleh selama menempuh studi, karena nilai tersebut hanyalah formalitas kemampuan anda yang dibuktikan secara tertulis, tetapi dalam dunia kerja potensi anda yang berhubungan dengan posisi lowongan lebih diprioritaskan. Jadi, nilai yang tinggi belum bisa sepenuhnya menjamin seseorang akan lulus dalam seleksi.
Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk), adalah kartu identitas diri yang memberikan informasi mengenai Nama, Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Agama, dan Status. Sehingga dengan KTP setidaknya perusahaan dapat mengenal informasi umum diri anda.
Pas Photo 4x6, adalah gambar dari diri anda. Bagian yang sering ditampilkan dalam pas photo biasanya area wajah, tetapi ada pula persyaratan yang menginginkan photo full body.
Foto copy Sertifikat, adalah surat yang didapat dari pelatihan-pelatihan atau lembaga lainnya sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan agar anda lulus seleksi.
Daftar Riwayat Hidup, adalah surat yang berisi tentang riwayat pendidikan dan pekerjaan anda. Surat ini juga sebagai pendukung untuk perusahaan segera menerima anda apalagi riwayat tersebut lengkap dan baik.
Semoga pengunjung blog PJ lebih memahami dan mengetahui persyaratan-persyaratan untuk melamar kerja agar ke depan dapat membantu PJ serta pengunjung lainnya untuk melengkapi persyaratan yang sangat penting dalam melamar pekerjaan.

Info / LowKer Serupa:

0 comments:

Post a Comment